Contoh Aksi Nyata PMM Merdeka Belajar

aksi nyata merdeka belajar

Apakah anda guru? Apakah anda berteman baik dengan aplikasi PMM? atau, apakah anda sedang megerjakan tugas-tugas PMM Merdeka mengajar? Silakan simak secara lengkap contoh aksi nyata pada tulisan ini untuk dicopas dalam membantu tugas-tugas PMM anda sebagai guru.

Berdasarkan pengalaman penulis dalam mengisi PMM. PMM adalah platform merdeka mengajar. Sebuah aplikasi yang diperuntukkan khusus tenaga pendidik dalam menemani aktivitas dan tugas mengajar sekaligus meningkatkan kompetensi diri. Dalam tulisan ini akan dipaparkan tentang contoh Aksi nyata penulis dalam mengisi PMM khusus untuk materi Merdeka Belajar.

Materi Modul Merdeka Belajar

Pada PMM, ada materi dasar yang wajib diikuti dalam sebuah pelatihan online. Materi itu adalah "merdeka belajar". Sebuah materi tentang paradigma kurikulum merdeka yang dibangun dari cara berpikir tentang kemerdekaan dalam belajar. 

Sebelum materi teknis seperti menyusun modul, refleksi diri, atau menyusun bahan ajar, materi merdeka belajar sebaiknya didahulukan untuk dipelajari oleh bapak dan ibu guru hebat. Sebab, pemahaman tentang kemerdekaan dalam belajar bapak dan ibu guru akan berpengaruh pada cara berpikir dan cara pandang ibu bapak guru tentang pendidikan, tentang murid, tentang pembelajaran, dan terutama tentang tugas sebagai guru.

Pada pelatihan materi merdeka belajar ini, ada beberapa modul yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Berikut adalah 5 judul modul yang harus dipelajari dalam materi merdeka belajar itu:

  1. Modul 1: Mengenali dan Memahami diri sebagai pendidik, yang terdiri dari mengenali diri dan peran sebagai pendidik, apa peran saya sebagai guru, dan ingin menjadi guru seperti apa saya ini
  2. Modul 2: Mendidik dan Mengajar, yang terdiri dari mendidik menyeluruh, pendidikan selama satu abad, menjadi manusia utuh
  3. Modul 3: Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh, yang teridir dari : kodrat murid dan trikon
  4. Modul 4: Mendidik dan melatih Kecerdasan Budi Pekerti terdiri dari materi menumbuhkan budi pekerti
  5. Modul 5: Pendidikan yang mengantarkan Keselamatan dan kebahagiaan, terdiri dari materi mengantarkan murid selamat dan bahagia, serta menciptakan lingkungan pembelajaran terbaik murid

Menu Aksi Nyata Merdeka Belajar

Nah, setelah bapak ibu guru mengikuti 5 modul di atas beserta pos test pada tiap akhir modulnya, bapak ibu guru tinggal mengerjakan aksi nyata. 

Aksi nyata pada setiap pelatihan itu sangat penting karena itu yang menentukan apakah bapak ibu guru dapat sertifikat pelatihan ataukah tidak. 

Pada Menu Aksi Nyata, ada beberapa hal yang harus diisi terlebih dahulu di antaranya:
  • Deskripsi
  • Refleksi
  • Dokumen aksi nyata

Contoh Aksi Nyata PMM Merdeka Belajar

Berikut adalah Contoh Aksi Nyata PMM Merdeka Belajar punya saya yang sudah di ACC dan mendapat sertifikat. Bapak Ibu guru cukup meniru dan mengubah sana sini sedikit. InsyaAllah akan ACC dan mendapat sertifikat pelatihan juga. 

Mengisi Deskripsi


Isilah Deskripsi bapak ibu dengan kalimat yang disusun berdasarkan pemahaman bapak ibu terhadap materi merdeka belajar serta sesuai dengan yang diminta aplikasi. Contoh di bawah ini,

"Yang terlibat adalah guru guru di sekolah tempat saya mengajar. Tepatnya pada komunitas belajar atau kombel. Karena para guru rekan saya tentu terlibat langsung dengan penerapan PMM di sekolah. Saya menyampaikan dalam presentasi di kegiatan mingguan kombel. Dan secara umum tanggapan mereka terhadap presentasi saya cukup positif dan mudah dimengerti".

Mengisi Refleksi

Berikutnya, Isi Refleksi juga. Contoh dalam mengisi refleksi:

"saya belajar tentang cara pandang dan cara berpikir kurikulum merdeka belajar yang ternyata sudah punya akar konsep dan karakter bangsa sejak dahulu. saya senang melakukan aksi nyata ini setelah saya mempelajari tentang pentingnya kerangka berpikir atau mindset. saya juga belajar tentang kebersamaan dalam memahami merdeka belajar dengan komunitas belajar saya. Hal baru yang saya pelajari adalah saya harus mampu mempresentasikan pemahaman saya di hadapan rekan sejawat dan bagaimana saya belajar agar mampu membuat rekan belajar saya mengerti terhadap materi yang saya sampaikan. 

Meng-upload Dokumen Aksi Nyata

Setelah mengisi itu, upload file yang sebelumnya sudah ibu bapak bikin. file tersebut di dalamnya berisi: (1) foto sedang presentasi dan peserta presentasi, (2) Foto form umpan balik, dan (3) file materi yang disampaikan. Ketiga komponen itu digabung dalam satu file jenis PdF.







Post a Comment for "Contoh Aksi Nyata PMM Merdeka Belajar"