Ujian Praktek PAI Kelas 6 SD Terbaru 2024

ujian praktek pai sd
Ujian Praktek PAI Kelas 6 SD Terbaru 2024

Latar Belakang

Sebagaimana yang kita tahu, tiap ujian sekolah itu ada dua, ujian tulis dan ujian praktek. Termasuk dalam mata pelajaran PAI SD, ujian praktek juga diberlakukan. Untuk yang terbaru tahun ini 2024

Dasar Hukum Ujian Praktek


Sesuai dengan Permendiknas tahun 2010 pasal 1 yang menyatakan bahwa kegiatan penilaian dalam bentuk ujian tulis dan atau praktek dimaksudkan untuk mengetahui pencapaian standar kompetensi lulusan pada semua mata pelajaran. Tak terkecuali dalam hal ini adalah mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. 

Ujian praktek PAI merupakan salah satu aspek penting penilaian. Bagi siswa kelas 6 SD, Ujian praktek PAI adalah salah satu rangkaian ujian yang harus mereka lalui sebelum mereka lulus dari sekolah dasar.

Sejak Ujian Nasional dihapus sebagai syarat mutlak kelulusan siswa, begitupun ujian praktek PAI. Ujian praktek PAI tidak menjadi prasyarat lulus atau tidaknya siswa. Namun demikian, menjadi penilaian tersendiri dan amat penting. Biasanya, sekolah tujuan (SMP/MTs) akan mempertimbangkan nilai ujian PAI tersebut. 

Dalam Permendiknas tahun 2010 pasal 3 dituliskan bahwa tujuan daripada ujian, baik ujian tulis maupun ujian praktek, adalah untuk perbaikan proses pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. 

Apalagi sekolah-sekolah bounafid, nilai-nilai pada ujian praktek PAI tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi siswa apakah nanti layak diterima di sekolah baru ataukah tidak diterima. 

Pertanyaan lebih detilnya adalah: untuk tahun ini saat kurikulum sudah berganti menjadi kurikulum merdeka, apakah ujian praktik PAI masih dilaksanakan? kalau masih dilaksanakan, seperti apakah ujiannya? aspek atau materi apa saja yang diujikan? berikut adalah penjelasan gamblangnya.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu ujian praktek, dan mencakup apa saja ujian praktek tersebut.

Pengertian Ujian Praktek

Ujian Praktek adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik dalam aspek keterampilan yang terangkum pada KD-4 (kompetensi dasar 4) yang dilakukan oleh satuan pendidikan mengacu pada SKL atau standar kelulusan. 

Pengertian lainnya, ujian praktek adalah kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu (dalam hal ini pelajaran PAI), yang menekankan pencapaian kompetensi pada aspek psikomotor, kecakapan, dan keterampilan peserta didik. 

Tujuan Ujian Praktek Tahun 2024

Ujian praktek dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: 

  1. Mengukur daya serap siswa dalam aspek psikomotor. Sejauh mana daya serap terhadap materi yang disampaikan oleh siswa dilihat dari sisi praktek atau psikomotor peserta didik.
  2. Mengukur Ketercapaian kompetensi pembelajaran. Apakah kompetensi pembelajaran yang ditetapkan di awal sebelum kegiatan pembelajaran dapat tercapai atau belum tercapai.
  3. Mengukur Keberhasilan guru dalam menerapkan metode belajar praktek. Apakah metode mengajar yang dipakai guru dalam pembelajaran praktik cukup efektif memudahkan siswa belajar ataukah belum efektif. Tentunya hasil dari ujian praktek dapat memberikan gambaran berhasil atau tidaknya metode yang digunakan itu.
  4. Mempertanggungjawabkan dan melaporkan hasil belajar siswa dalam bentuk nilai yang kemudian disampaikan kepada orangtua siswa dalam bentuk raport pendidikan.

Ujian praktek PAI adalah jenis tes praktik langsung melalui pengamatan langsung. Para siswa diminta mempraktekkan suatu teori/materi lalu guru memperhatikan dan menilainya secara langsung dalam lembar penilaian kerja (worksheet). Biasanya, lembar penilaian ujian praktek berupa daftar ceklis kompetensi yang harus dipraktekkan oleh siswa. 

Urutan Ujian Praktek

Mengacu pada surat kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon nomor 421.2/0443/Disdik tanggal 28 Februari 2017, setidaknya ada 3 macam ujian praktek yang harus dijalani oleh para siswa SD Kelas 6 yang hendak lulus sekolah, terutama tahun ini 2024

  • Pertama, Ujian praktek tematik. Meliputi mata pelajaran tema yaitu: bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Sunda/Bahasa Cirebon, dan SBDP
  • Kedua, Ujian praktek penjasorkes. Biasanya diujikan materi olahraga seperti lari jarak dekat, atletik, dan permainan bola besar seperti bola volly atau sepakbola.
  • Ketiga, Ujian praktek PAI dan Budi Pekerti yang meliputi beberapa aspek praktik ibadah seperti wudlu, solat, doa-doa, atau hafalan surat-surat pendek. 

Untuk tahun 2024 ini, ujian praktek PAI tetap dilaksanakan. Mengingat pentingnya kemampuan keterampilan siswa sebagai profil pokok generasi abad 21, ujian praktek PAI harus maksimal dilakukan. 

Mengenai Detil ujian praktek, biasanya diserahkan ke sekolah masing-masing atau berdasarkan instruksi oleh pengawas PAI dalam hal ini pihak dari kemenag tingkat kota atau kabupaten. 

Materi Ujian Praktek PAI SD

Namun pun demikian, ada beberapa materi tes praktik yang biasa diujikan. Ketentuan ujian praktek tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ujian Praktek Berwudlu. Aspek yang dinilai biasanya adalah doa/niat berwudlu, urutan basuhan dalam berwudlu, doa setelah wudlu

2. Ujian praktek solat. Aspek yang dinilai biasanya adalah doa/niat solat, bacaan solat, gerakan solat, adab berpakaian

3. Ujian Praktek membaca Al-Qur'an. Aspek penilaiannya meliputi kelancaran, tajwid, makhroj, dan adab membaca al-Qur'an

4. Ujian Praktek Adzan dan Iqamah. Aspek penilaian meliputi runtutan adzan/iqamah, fashohah, dan adab

5. Ujian Praktek menulis al-Qur'an. Aspek penilaian meliputi kerapian tulisan, ketepatan tanda baca, keindahan tulisan. 

6. Ujian Praktek hafalan surat-surat pendek al-Qur'an. Aspek yang dinilai meliputi kelancaran hafalan,banyaknya hafalan, fasohah

Contoh Kartu Ujian Praktek

Berikut adalah penampakan contoh kartu ujian praktek siswa kelas 6 SD tahun 2024:

Contoh Kartu Kompetensi Siswa

Kartu kompetensi siswa dalam gambar di atas bisa dijadikan sebagai penilaian ujian praktek PAI Kelas 6 SD. Artinya, setiap siswa diuji secara berkala sejak dimulainya semester genap. Hingga di akhir semester, semua siswa dapat memenuhi form nilai kartu kompetensi siswa (KKS) dengan nilai baik (di atas KKM). 

Mengenai Aspek penilaian dapat diubah disesuaikan dengan kebutuhan tiap sekolah. Gambar di atas sekedar contoh. Adapun file dalam bentuk MS. Excel dapat di unduh di bawah ini!


Download Kartu Ujian Praktek tahun 2024

Download MS Excel Kartu Kompetensi Siswa Kelas 6 SD

Adapun tiap sekolah atau dinas kabupaten kota mungkin memberlakukan ketentuan ujian praktek yang berbeda-beda menyesuaikan dengan hasil musyawarah GPAI dengan pengawas atau kemenag tingkat kabupaten/kota. 

Demikian uraian hal ihwal ujian praktek PAI kelas 6 SD. Semoga penjelasan di atas bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa kelas 6 SD.



Tags:

#kisi-kisi ujian praktek pai kelas 6 sd
#format penilaian ujian praktek agama islam sd
#program ujian praktek pai sd
#contoh naskah ujian praktek pai sd
#apa saja ujian praktek kelas 6 2022
#proposal ujian praktek pai kelas 6
#format penilaian praktek sholat kelas 6 sd
#kisi-kisi ujian praktek sd 2022

Post a Comment for "Ujian Praktek PAI Kelas 6 SD Terbaru 2024"