Refleksi Pemahaman Merdeka Belajar

Tulisan ini adalah refleksi sekaligus sebagai media sosialisasi yang saya pilih dari pemahaman saya secara pribadi mengenai merdeka belajar yang saya pahami dari pelatihan platform merdeka mengajar (PMM) modul merdeka belajar. 

Setelah membaca tulisan ini, nanti mohon kesediaannya mengisi form di bawah tulisan ini untuk kepentingan laporan kegiatan. 

Refleksi Pemahaman Merdeka Belajar


Pengertian Merdeka Belajar

Merdeka belajar adalah kebijakan kurikum baru yang digagas oleh mas menteri Nadiem Makarim menyempurnakan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum tahun 2013. 

Merdeka belajar adalah juga paradigma bagi guru, siswa, dan semua elemen pendidikan yang meyakini bahwa pembelajaran berkualitas lahir dari keinginan peserta didik itu sendiri untuk merdeka menentukan apa saja yang akan mereka pelajari. 

Baca Juga : Kumpulan Materi PAI Kurmer Kelas 6 SD

Merdeka belajar menghendaki adanya keterlibatan aktif siswa dalam mewarnai pembelajaran dengan pengalaman mereka sendiri dalam kehidupan sehari-hari. 

Pada pembelajaran merdeka belajar, siswa dengan bebas mengaitkan materi yang disajikan guru dengan kehidupan mereka sehari-hari, mengomparasikan pengetahuan yang didapat dalam pembelajaran dengan pengetahuan mereka dari pengalaman keseharian. 

Merdeka belajar memberi ruang lebih besar kepada peserta didik untuk mengeksplorasi pembelajaran sesuai dengan keinginannya sebagai hasil diskusi dengan guru sebagai pembimbing.

Merdeka belajar mengharuskan sebanyak-banyaknya pengalaman belajar siswa terlibat dalam pembelajaran, memahami, mencari informasi, sekaligus mengalami sendiri apa yang dipelajari. 

Merdeka Belajar Pada Kurikulum

Pada level kurikulum, platform merdeka belajar merangkum dan menginternalisasikan nilai serta kearifan lokal tempat tinggal para peserta didik untuk dijadikan kurikulum pembelajaran dan bentuk muatan lokal atau konten materi belajar peserta didik. 

Esensi Merdeka Belajar

Esensi dari Platform Merdeka belajar di antaranya adalah bagaimana menggali dan menemukan potensi paling besar dari peserta didik untuk melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. 

Pemahaman merdeka belajar berangkat dari kerangka berpikir dasar bahwa peserta didik bukan lagi manusia tanpa pengetahuan dan pengalaman yang kemudian harus diisi dan dijejali pengetahuan oleh para guru. 

Namun, peserta didik adalah objek hidup yang sedikit banyak telah memiliki modal pengetahuan, rasa, karsa, pengalaman, dan keyakinan. 

Tentunya, dalam platform merdeka belajar, guru bertugas sebagai fasilitator untuk mengkombinasikan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki mereka dengan pengetahuan dan pembelajaran yang diberikan. 

Baca Juga : Contoh Aksi Nyata PMM "Merdeka Belajar"

Kombinasi itulah yang memungkinkan munculnya inovasi baik dalam pengetahuan, pengalaman, atau hasil belajar, maupun dalam warna proses pembelajaran di kelas itu sendiri. 

Pada kurikulum merdeka belajar, penilaian dan penghargaan setinggi-tinggi bagi setiap proses yang dilalui oleh peserta didik saat belajar. Bukan saja hasil dari pembelajaran, proses mengalami dan merasakan belajar itu jauh lebih penting dan berharga. Makanya, penilaian proses tidak kalah penting dengan penilaian akhir. 

Pada level ekstrim, bahkan siswa dibolehkan memilih materi atau pelajaran tentang apa saja yang akan dipelajari. Kemerdekaan dalam memilih tersebut tentu tetap dalam koridor dikondisikan dan dibimbing oleh guru. 

Merdeka belajar adalah esensi dari kemerdekaan manusia itu sendiri yang kemudian diadopsi dalam sebuah sistem bernama kurikulum. 

Contoh Riil Merdeka Belajar

Contoh Riil saya sebutkan; dalam pembelajaran di kelas materi IPAS (ilmu pengetahuan alam dan sosial), peserta didik yang ada di kota memilih membahas kebersihan sungai dan selokan. Sementara peserta didik pedesaan memilih pemeliharaan ikan lele atau ikan gurami. 

Kedua tempat berbeda memilih pembahasan yang berbeda meski dalam tema yang sama tentang Menjaga Ekosistem.  Demikian.

Mohon Kesediaannya untuk mengisi Form Refleksi berikut: 

FORM UMPAN BALIK REFLEKSI PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR

Berikut adalah contoh form umpan balik dari guru setelah sosialisasi pemahaman merdeka belajar di PMM.

Form umpan balik




Post a Comment for "Refleksi Pemahaman Merdeka Belajar"