Contoh Proposal Rehab Persiapan Bertingkat RKB Sekolah

Apakah anda guru yang ditugaskan untuk menyusun proposal perbaikan atau rehab ruang kegiatan belajar (RKB)? Postingan ini adalah Contoh Proposal Rehab Persiapan Bertingkat RKB Sekolah. Simak hingga selesai dan silakan copy paste dan edit sesuaikan dengan kebutuhan sekolah anda.

proposal RKB persiapan bertingkat


Alasan Penyusunan Proposal Rehab

Proposal Rehab dibuat untuk mengajukan perbaikan ruang kelas atau ruang kegiatan belajar mengajar murid. 

Proposal rehab dibuat untuk memenuhi prosedur usulan perbaikan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan di sekolah yang rusak, tak layak pakai, atau persiapan pembangunan kelas bertingkat.

Selain proposal rehab, ada juga proposal pembangunan yaitu disusun untuk usulan membuat bangunan baru yang belum tersedia di sekolah. 

Susunan Proposal Rehab Kelas dan Persiapan RKB Bertingkat

Dalam  penyusunan proposal rehabilitas kelas dan persiapan RKB bertingkat, ada susunan proposal sebagaimana berikut: 

  1. Cover Proposal
  2. Surat Pendahuluan
  3. Isi Proposal
  4. Usulan Proposal
  5. Profil Sekolah
  6. Rencana Anggaran Biaya (RAB)
  7. Piagam Akreditasi
  8. NPSN Sekolah
  9. NPWP Sekolah
  10. Struktur Lembaga
  11. Foto-Foto Bangunan Rusak
  12. Rekening Sekolah

Contoh Proposal Rehab kelas Persiapan bertingkat RKB Sekolah


Berikut adalah contoh surat pendahuluan dalam proposal rehab kelas dan persiapan bertingkat untuk RKB baru sekolah: 

A. LATAR BELAKANG

     Pembangunan manusia merupakan prioritas dalam sistem pendidikan bangsa.   Program dalam pelaksanaannya menjadi prioritas di banding sektor lain.   Kemajuan dalam hal Pendidikan menjadi tumpuan kemajuan bangsa di masa   mendatang.

     Termasuk pembangunan fisik yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Sarana   dan prasarana pendidikan adalah faktor penunjang yang tak kalah pentingnya   dibanding faktor lain. Tanpa sarana dan prasarana itu, aktivitas dunia   pendidikan menjadi terhambat, lambat, bahkan mandek.

     Selaras dengan priorotas presiden membangun secara fisik sarana dan   prasarana di mana-mana, kebutuhan sarana dan prasarana di lembaga kami juga   demikian. Fasilitas pembelajaran amat urgen dalam menunjang pembelajaran siswa   di sekolah kami.

     Selain sebagai sekolah adiwiyata kota Cirebon, sekolah kami juga tengah   menuju sekolah yang mengembangkan pembelajaran berbasis pelayanan dan   kenyamanan siswa, orangtua siswa dan masyarakat sekitar. Masih banyak sarana   prasarana di sana sini yang harus dilengkapi dan dibuat. Oleh karena itu,   menjadi penting untuk mengusahakan hal itu.

     Kondisi riil di sekolah kami berkaitan dengan ruang pembelajaran cukup memprihatinkan.   Berdasarkan hasil penilaian kerusakan bangunan yang tertuang dalam data   dapodik sekolah kami, bahwa beberapa ruangan yang diusulkan termasuk pada   kategori kerusakan sedang.

     Hal itu tentu membuat kami cukup khawatir sebab musim penghujan nampaknya   masih berlangsung sementara persiapan untuk menghadapi tahun ajaran baru   harus digalakkan.

     Yang menjadi dasar pemikiran kami juga bahwa pada kuartal 2 tahun terakhir,   jumlah siswa yang mendaftar di sekolah kami mengalami kenaikan yang   signifikan. Dari tahun 2021 hingga 2023, penambahan jumlah siswa mencapai 20   orang siswa. Itu artinya, grafik peningkatan jumlah siswa menjadi naik. Butuh   ruang atau bangunan baru ke depannya.

     Oleh karena itu, usulan perbaikan ruangan yang kami ajukan juga berbarengan   dengan usulan persiapan ruangan bertingkat di atas kelas yang direhab itu.   Sebab suatu saat nanti, bangunan kelas yang kini telah berdiri dan diusulkan   untuk diperbaiki, akan dibangun di atasnya RKB baru.
     

     B. DASAR PEMIKIRAN

     Penyusunan proposal ini didasari atas kebutuhan sangat mendesak untuk rehab   persiapan bertingkat tiga kelas yang diusulkan itu, yang pada gilirannya demi   mendukung kegiatan pembelajaran dan tentu untuk mencapai tujuan pendidikan.
     

     C. URGENSI PROPOSAL REHAB

  1. Kerusakan pada lantai dan atap akan makin parah jika dibiarkan dan   mengganggu kenyamanan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar.
  2. Sebagai sekolah adiwiyata kota Cirebon, keamanan, kenyamanan menjadi   prioritas dalam program sekolah berkaitan dengan pelayanan prima terhadap   siswa dan orangtua siswa / masyarakat.
  3. Penambahan jumlah siswa per tahun membuat sekolah kami saat ini membuka   kelas siang. Ke depan, visinya dibangun ruang kegiatan belajar bertingkat. 3   ruang yang kami usulkan untuk direhab sekaligus pembangunan pondasi persiapan   bertingkat untuk RKB tingkat baru di masa mendatang.
     

     D. TUJUAN PROPOSAL REHAB

     1. Terbangunnya ruang kelas representatif, aman, dan nyaman bagi siswa
     2. Di ruang kelas yang telah direhab terbangun pembelajaran yang   menyenangkan
     3. Terbangunnya dasar atau pondasi untuk RKB tingkat baru di masa yang akan   datang.
     

     E. PENUTUP

     Dengan segala keterbatasan yang ada, proposal ini dibuat dan disampaikan ke   hadapan Bapak/Ibu sebagai informasi kegiatan dan sebagai acuan dalam   pelaksanaannya nanti.
     Semoga Allah senantiasa menerima kebaikan kita semua. Amin.

      F. LAMPIRAN PROPOSAL REHAB


Lampiran proposal terdiri dari:
  1. Surat pendahuluan proposal (di depan sebelum isi proposal)
  2. Surat pertanggungjawaban mutlak kepala sekolah (SPTJM)
  3. Profil sekolah
  4. Susunan panitia (jika swadaya lembaga)
  5. Taksasi anggaran biaya
  6. NPSN Sekolah
  7. NPWP sekolah
  8. Nomer kontak kepala sekolah dan ketua panitia beserta email nya
  9. Nomer rekening sekolah
  10. Foto foto mencakup lahan pembagunan atau ruang yang akan direhab


     

Download Free Proposal Rehab Persiapan Bertingkat RKB Sekolah

Untuk mendownload file proposal dalam bentuk MS word, silakan klik tautan berikut di bawah ini:
https://docs.google.com/document/d/1w8OcVrVIsGjZ61rXh98eJ5qqEUMZgnJC/edit?usp=sharing&ouid=100775809961400963977&rtpof=true&sd=true  

Demikian contoh pendahuluan proposal rehab kelas persiapan bertingkat RKB Baru sekolah ini semoga bermanfaat! Silakan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment for "Contoh Proposal Rehab Persiapan Bertingkat RKB Sekolah"