Buah Hatimu Mau Masuk Sekolah Semester 2, Jangan Lupa Berikut Hal-Hal Yang Harus Disiapkan

Persiapan masuk sekolah setelah liburan

Persiapan Masuk Sekolah

Liburan Semester 1, liburan natal dan tahun baru kini hendak usai. Sebentar lagi, para buah hatimu mau masuk sekolah di semester 2. Sebelum mereka masuk sekolah dan belajar seperti biasanya, kita para orangtua tentu harus mempersiapkan kelengkapan buat mereka. Nah, Jangan lupa beberapa hal-hal berikut harus disiapkan menjelang masuk sekolah. Apa saja persiapan itu? simak postingan ini hingga selesai!

Liburan semester memang cukup panjang. Diambah lagi dengan aktifitas liburan yang mengasyikkan seperti bertamasya ke kebun binatang, kolam renang, pantai atau gunung, atau ke rumah sanak saudara dan menginap di sana. 

Karena itu, aktivitas sekolah sepenuhnya nyaris dilupakan. Tiba-tiba waktu liburan hampir habis dan hari senin pertama sekolah sudah di depan mata. 

Jika tak dipersiapkan segala sesuatunya dengan segera, dapat dipastikan, ada saja hal-hal yang lupa atau terlewatkan pada saat hari pertama bersekolah kembali di semester 2.

Kelengkapan Yang Harus Dicek

Di antara hal-hal yang harus dicek oleh para orangtua wali siswa sebelum buah hatinya masuk sekolah di semester 2 di antaranya adalah:
  1. Tas Sekolah: Tas sekolah apakah masih layak pakai atau sudah robek. Jika robek dan masih diperbaiki, sebaiknya segera perbaiki sebelum masuk sekolah. Atau jika kerusakan dianggap parah, tentu opsinya harus beli yang baru.
  2. Buku dan Alat Tulis: Cek semua buku pelajaran dan alat tulis, dari mulai pensil, penghapus, penggaris, buku tulis, buku gambar, dan sebagainya, siapa tahu ada di antara itu yang sudah rusak atau habis
  3. Sepatu dan kaos kaki: cek juga sepatunya barangkali ada yang bolong atau sudah rusak. Atau bahkan masih bagus tapi belum sempat dicuci karena sibuk libuaran kesana kemari.
  4. Seragam sekolah: seragamnya juga harus dicek. Siapa tahu saja tiba-tiba sudah kekecilan maka segera beli yang baru. Anak harus percaya diri pada saat mereka pertama kali masuk sekolah di semester 2.

Hal-Hal Yang Sering Lupa

Selain pengecekan kelengkapan belajar buah hati kita di atas, ada beberapa hal yang sering terlupakan oleh para orangtua / wali siswa. Di antaranya adalah:
  • Menyetrika baju seragam sekolah
  • Menyertakan buku raport siswa semester 1
  • Buku Materi Semester 1 yang biasanya dipinjamkan oleh sekolah untuk dipakai satu semester dan harus dikembalikan pada akhir semester
  • Buku tabungan siswa jika ada
  • Penyerut pensil. hal sederhana buat bapak ibu yang punya anak bersekolah di TK atau SD, tapi cukup berarti.
  • Menanyakan jadwal pelajaran pada guru di grup WA Orangtua
  • Sebaiknya, menanyakan materi apa saja yang hendak disampaikan pada semester 2 agar ada persiapan

Persiapan Fisik Dan Pembiasaan Buah Hati

Selain persiapan dari segi kelengkapan sekolah, juga ada beberapa persiapan yang berkaitan dengan kesiapan fisik dan psikis buah hati kita. Di antara persiapan fisik tersebut adalah:
  1. Jadwal Tidur; Jadwal tidur sebaiknya disiapkan 3 sampai 4 hari sebelum masuk sekolah. Supaya kondisi badan anak sudah terbiasa sebelum mereka dihadapkan pada kesibukan bersekolah. Seringkali, selama liburan, anak tidur tak teratur. Kadang tidur terlalu larut karena main gadget, atau kadang tidur terlalu dini, atau kadang jam 7 pagi masih tertidur dan belum bangun. Hal itu tentu bertentangan dengan jam belajar di sekolah. Jika tak disesuaikan beberapa hari sebelum sekolah, maka bisa terjadi badan anak akan kaget dengan jadwal tidur yang berubah seketika ia masuk sekolah
  2. Jadwal makan: termasuk pula jadwal makan harus diatur dan menyesuaikan dengan jadwal belajar di sekolah. Sebagaimana jadwal tidur, jadwal makan harus disesuaikan supaya kondisi badan anak bisa stabil. Apalagi dalam situasi cuaca yang akhir-akhir ini kurang menentu; kadang panas banget, lalu tiba-tiba hujan lebat berjam-jam.
  3. Mengatur jadwal main gadget/handphone; Tak dapat dipungkiri, anak kita akan lebih banyak main handphone pada saat liburan dibanding pada saat ia aktif masuk sekolah. Hal itu wajar selama dapat dikontrol waktu pemakaian gadget itu oleh kita sebagai orangtua. Namun tentu harus dikurangi menjelang buah hati kita masuk sekolah. 
Demikian beberapa hal yang harus disiapkan menjelang buah hatimu masuk sekolah di semester 2. Ingat! Curahan perhatian dan keikutsertaan orangtua pada keadaan buah hati adalah sebentuk tanggungjawab orangtua sekaligus sebagai gambaran kasih sayang orangtua pada anak. 

Sikap acuh tak acuh dan membiarkan anak kita dalam mempersiapkan mereka belajar di sekolah adalah bukan pilihan positif yang akan berdampak kurang baik pada perkembangan psikologis mereka di masa yang akan datang. 

Terimakasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Buah Hatimu Mau Masuk Sekolah Semester 2, Jangan Lupa Berikut Hal-Hal Yang Harus Disiapkan"