Format Nilai Raport SD Kurikulum Merdeka Kelas 1

Format nilai raport SD


Bagi bapak ibu guru PAI, saya hadirkan format nilai raport SD untuk kelas 1 kurikulum merdeka belajar lengkap dengan bab/tema dan Capaian Pembelajarannya masing-masing. 

Sistem Penilaian Pada Kurikulum K-13


Pada kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum K-13, format penilaian pada raport pendidikan siswa didasarkan pada kompetensi dasar. Dalam satu tema pembelajaran, setidaknya ada 4 kompetensi dasar. KD 1 nilai spiritual yang dinyatakan dalam huruf misalnya A,B, C, atau D. Kompetensi Dasar 2 (KD 2) untuk nilai sosial yang juga dinyatakan dengan huruf seperti KD 1. Sedangkan KD 3 itu untuk nilai pengetahuan peserta didik, dan KD 4 untuk nilai keterampilan peserta didik. 

Sistem Asesmen Pada Kurikulum Merdeka


Berbeda dengan kurikulum K-13, Kurikulum merdeka menganut sistem penilaian atau sistem asesmen yang terintegrasi. Jadi, dalam satu tema pembelajaran hanya ada satu nilai. Satu nilai ini adalah gambaran dari nilai keseluruhan antara nilai sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.

Konsep penilaian model kurikulum merdeka mengacu pada pemahaman integral bahwa penilaian terhadap peserta didik tidak dikotak-kotakkan. Melainkan penilaian pada mereka bersifat keseluruhan dari empat sikap di atas. 

Aspek Perbedaan Asesmen K13 dengan Kurmer


Sistem penilaian model kurikulum merdeka mewajibkan guru punya kemampuan menggabungkan penilaian dari berbagai aspek yang setidaknya mencakup 4 aspek tadi di atas. Namun di sisi lain, memudahkan guru dalam pengisian raport pendidikan. 

Jangan heran jika pada raport pendidikan model kurikulum merdeka ditemukan adanya nilai yang relatif kecil meskipun si anak selalu mendapat nilai besar dalam ulangan harian. Sebab bisa jadi, ia cakap secara pengetahuan tetapi kurang dalam keterampilan atau sikap sosial. 

Format yang saya hadirkan sudah sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dan sudah sesuai dengan form Raport siswa. 

Sehingga bapak ibu guru tinggal copy paste (copas) saja format berikut lalu masukkan daftar nama siswa masing-masing.

FORMAT NILAI RAPORT SD KURIKULUM MERDEKA UNTUK KELAS 1 SD

Berikut adalah format nilai raport SD Kurikulum Merdeka Kelas 1

NO NAMA BAB 1 Aku Cinta Al-Qur'an 2 Mengenal Rukun Iman 3 Membaca Basmalah & Hamdalah 4 Mengenal Rukun Islam 5 Nabi dan Rosul Panutanku
CP Menekankan kemampuan mengenai huruf hijaiyah dan harokatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan kemampuan membaca surat-surat pendek Al-Qur'an dengan baik Peserta didik mengenal rukun iman kepada Allah melalui nama-namaNya yang agung asmaulhusna dan mengenao para malaikat dan tugas yang diembannya Peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orangtua dan guru. Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama islam. Mereka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitar. Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai pendapat yang berbeda. Peserta didik terbiasa melaksanakan tugas kelompok serta memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan teman demi terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain Peserta didik mampu mengenal rukun islam dan kalimat syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, solat fardlu, adzan, iqamah, zikir, dan berdoa setelah solat Peserta didik mampu Menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani
1 Abidah Shakila Bassamah
2 Afifah Salsabilah
3 Ahmad Al Krim
4 Aidil Rami Mauludin   Yadi
5 Akhsin Syifa Bukhori
6 Alamul Huda
7 Amora Greycia Fuji
8 Aqilla Nur Azzahra
9 Ardan Bayu Adji
10 Arisha Mashel
11 Aura Nur Syifa
12 Ayu Pika Azarah
13 Azizah
14 Bintang Pratama
15 Claudiya Khaerunnisa   Widodo
16 Deandra Putri Maslika
17 Dimas Prasetyo
18 Dimas Uwais Abdillah
19 Fatikhatul Kolbiyah
20 Febriyanti
21 Hilda Mumtazah
22 Jihan Salsabila
23 Leonal Alfarizki
24 Lisna Cahya Wati
25 Muhamad Abdan


Demikian semoga bermanfaat. Bagi yang membutuhkan format instant versi MS excel silakan via email saya. Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar.


Tags:

#download daftar nilai kurikulum merdeka kelas 1
#daftar nilai kurikulum merdeka sd kelas 1
#download daftar nilai kurikulum merdeka kelas 2 sd
#format penilaian kelas 1 sd kurikulum merdeka
#download daftar nilai kurikulum merdeka kelas 1 sd semester 2
#format penilaian kurikulum merdeka excel
#format daftar nilai kurikulum merdeka kelas 4 semester 2
#daftar nilai kurikulum merdeka kelas 1 sd semester


Post a Comment for "Format Nilai Raport SD Kurikulum Merdeka Kelas 1"