KISI-KISI SOAL PSAJ SEMUA MAPEL KELAS 6 SD

kisi kisi soal PAT 6 semua mapel

PSAJ Adalah
singkatan dari penilaian sumatif akhir jenjang. Di bawah ini akan diposting mengenai kisi-kisi soal PSAJ semua mapel kelas 6 SD.

Pengertian PSAJ

PSAJ adalah nama lain dari PAT (Penilaian Akhir Tahun). Baik PAT Maupun PSAJ adalah istilah yang digunakan untuk ujian nasional yang kini telah dihapuskan.

Soal PSAJ mencakup materi sejak kelas 1 hingga kelas 6 SD semua mata pelajaran wajib nasional. 

Perbedaan PSAJ, US, dan Ujian Nasional

PSAJ berbeda dengan US. Kalau PSAJ adalah ujian siswa--dianggap--pengganti ujian nasional, sedangkan US adalah ujian sekolah yang khusus diadakan oleh sekolah yang bersangkutan.

PSAJ dan US Memiliki perbedaan juga dalam mata pelajaran. Kalau US menyertakan soal-soal muatan lokal atau mulok seperti bahasa daerah, seni rupa seni musik, sedangkan PSAJ tidak. Mata pelajaran yang diujiankan dalam PSAJ hanya mata pelajaran wajib nasional seperti PPKn, Bahasa Indonesia, PAI, IPA, IPS.

Mata Pelajaran yang diujikan dalam PSAJ

Seperti yang telah diungkapkan di atas, bahwasannya, mata pelajaran wajib nasional lah yang diujikan dalam kegiatan ujian PSAJ, di antaranya ialah: 

  1. PAI dan Budi Pekerti
  2. PPKn
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  6. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Kisi Kisi Soal PSAJ Semua Mapel Kelas 6

Adapun kisi kisi soal PSAJ yang ada di postingan ini adalah semua mapel yang diujikan sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Kisi-kisi tersebut bermanfaat kepada siswa agar mereka mempunyai gambaran atau persiapan soal-soal seperti apakah yang akan muncul dalam PSAJ nantinya. 

Termasuk kepada guru penyusun soal, kisi kisi bermanfaat sebagai panduan mereka dalam menyusun soal soal PSAJ sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan.

Download Kisi-Kisi Soal PSAJ Semua Mapel Bentuk MS.Word

Setelah mengetahui pengertian hingga jenis mata pelajaran yang diujikan, berikut adalah link download kisi kisi soal PSAJ semua mapel yang dimaksud. 

Bagi yang berminat silakan klik link di bawah ini!







Demikian Kisi Kisi  soal PSAJ Semua mapel kelas 6 SD semoga bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar dan share kepada media sosial atau rekan kerja anda yang membutuhkan. Terimakasih.

Post a Comment for "KISI-KISI SOAL PSAJ SEMUA MAPEL KELAS 6 SD"